Portal Kabupaten Sijunjung

PELATIHAN WUSAN DALAM RANGKA CAPAI 100% ODF

ODF atau open Defecation Free adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Salah satu cara untuk pencapaian 100% ODF tersebut, Pemerintah Nagari Guguak Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung melakukan pelatihan Wusan (Wirausaha Sanitasi) bagi masyarakat yang ada di Nagari-Nagari yang ada disekitarnya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan mulai dari tanggal 12-14 Oktober 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang.

Pelatihan ini kerjasama dari PKBI Sumatera Barat dengan SNV memfasilitasi trainer dari Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung yang merupakan salah satu paguyuban usaha sanitasi yg berhasil dan memasok closet hampir di seluruh Provinsi Lampung.

Menurut Rosneli, senior staff PKBI Sumbar, dalam pelatihan ini masyarakat dilatih cara membuat closet mulai dari bagaimana membuat fiber cetakkan closet, mencetak closetnya, hingga pengecatan serta finishing akhir hingga closet siap dipakai, bahkan siap untuk dipasarkan.

” Di hari ketiga tukang juga diberi pengetahuan pembuatan septik tank sehat, dan setelah menyelesaikan, peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai Konstruksi Jamban Sehat”, terangnya kepada Jurnalis Kominfo, Senin (15/10) di Ruang Kerjanya Muaro Sijunjung.

” Selain Wirausaha, Sanitasi dapat membantu Nagari jadi lebih sehat, pelatihan ini jika serius ditekuni tidak hanya mempercepat ODF di setiap Nagari tetapi juga peluang bisnis bagi Nagari dan masyarakat yang serius menekuninya”, sambungnya.

” Seperti contoh wirausahawan dapat menyediakan fasilitas sanitasi untuk memenuhi permintaan masyarakat di dalam maupun diluar nagari “, tutupnya.Mc_Sijunjung

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.