Portal Kabupaten Sijunjung

PEMATANG PANJANG NAGARI BEPRESTASI

Kelanjutan dari pemilihan nagari berprestasi  tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2018, Rabu  (4/7) dinilai Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung.

Dalam penilaian itu, tim yang diketuai Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Nasrul, S. Pd, tidak hanya disambut dengan silek pedang, tari gelombang dan siriah di carano oleh pemuda pemudi yang berpakaian penghulu dan Bundo Kanduang, tapi juga diterima Camat Sijunjung, Khalfian Nuraflis, S, Sos, Forkopimcam dan Kepala dinas/instansi kecamatan.

Selain pemerintahan kecamatan, acara pembukaan penilaian yang berlangsung di halaman kantor walinagari, juga dihadiri walinagari se-Kecamatan Sijunjung, Alim ulama,  Ninik mamak dan Bundo kanduang yang berpakaian kebesaran, pengurus dan anggota majelis taklim yang berpakaian seragam serta ratusan masyarakat.

Terpilihnya  Pematang Panjang mewakili Kecamatan Sijunjung ke tingkat kabupaten pada tahun 2018 ini, disamping memang terbaik dari yang baik, di nagari tersebut cukup banyak sarana dan prasarana  pendukung dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, kata Camat Khalfian Nuraflis.

“Disamping banyak sarana dan prasarana  pendukung dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, Nagari Pematang Panjang yang dipimpin April Marsal juga berhasil meraih prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ulas camat.

Prestasi yang diraih, antara lain terbaik II dalam keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), juara I dalam penilaian kompetensi walinagari bidang kelestarian adat budaya dan agama serta juara I pembina pangan Adi Karya Pangan Nusantara.

Selain terbaik II dalam Kamtibmas, Pematang Panjang juga dinilai nagari yang bebas dari gangguan Kamtibmas oleh polisi daerah (Polda) Sumbar.

“Artinya, dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, pemerintah Kecamatan Sijunjung tidak hanya mempersiapkan nagari untuk berkompetisi di tingkat kabupaten, tapi sekaligus untuk tingkat provinsi dan regional,” jelas Khalfian Nuraflis.  [email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.