Portal Kabupaten Sijunjung

Pemkab Sijunjung Adakan Festival Qasidah Rebana

Muaro. MC. Sijunjung, – Memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70 tahun 2019, pemerintah daerah setempat menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam bentuk hiburan, perlombaan, pertandingan dan bakti sosial di beberapa tempat dari 1 Februari  sampai 15 Maret.

Satu diantara berbagai kegiatan itu adalah festival qasidah rebana, diselenggarakan oleh aparatur Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Sabtu (16/2), pada lapangan Tugu Hari Jadi, di Nagari Tanjung Bonai Aur, Kecamatan Sumpur  Kudus.

“Festival qasidah rebana yang digelar, menyediakan piala, piagam penghargaan dan uang tunai untuk peserta yang berhasil meraih juara,” kata kepala Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung, Yofritas, ST, MT, lewat telepon genggamnya, Minggu (3/2).

Pada festival qasidah rebana itu, pesertanya grup qasidah yang ada di Kabupaten Sijunjung dengan kategori tingkat remaja berusia 25 tahun ke bawah dan tingkat lanjut usia (Lansisa) 35 tahun keatas. Masing-masing grup beranggota, maksimal 18 orang termasuk penyanyi.

Kreteria festival, peserta menyanyikan sebuah lagu wajib dan lagu pilihan yang ditentukan panitia. Alat musik yang dipakai, antara lain rebana, rebana kecil (ketipung), car dan tamborin.

Lagu wajib yang akan dinyanyikan peserta tingkat remaja, Ibdak Binafsih, Nawarti Ayyam dan Bismillah. Lagu pilihan, Moh Alamin, Sisa Umur, Orangtua Asuh dan Jilbab putih. Lagu wajib tingkat Lansia, Assyuban, Ya Rabbi Barik dan Bismillah. Lagu pilihan, Titian Hidup, Pintu Syurga, Ramaikan Masjid dan Syurga Dunia.

Dewan juri yang dipercaya melakukan penilaian, terdiri dari tokoh akademis, budayawan dan seniman tradisional. Yang dinilai meliputi teknik vokal, irama lagu, penampilan dan kostum.

Bagi yang berminat mengikuti festival qasidah rebana ini, silahkan mendaftarkan diri pada Kantor Dinas Parpora Kabupaten Sijunjung bidang pemasaran pariwisata,  di lantai III  gedung Kantor Bersama, kompleks Pasar Inpres Muaro Sijunjung, paling lambat Jumat (8/2). Contak person, Irfan Sofyan (081266639833), Ridho Genta (082170152969) dan Indra Gusti (081267457299).

Disamping  qasidah rebana, festival lain yang digelar aparatur Dinas Parpora dari 11 sampai 18 Februari 2019  guna memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-70, lagu Minang, randai, talempong pacik, tari piring serta lagu Minang duet antar OPD yang dikemas dalam festival Lansek Mani, jelas Yofritas. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.