Portal Kabupaten Sijunjung

Pemkab Sijunjung Gelar Forum Konsultasi Publik Sijunjung Tahun 2020

Muaro, MC Sijunjung – Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Bapppeda gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sijunjung, Senin (4/1).

Kegiatan ini dibuka Bupati Sijunjung, dalam sambutannya ia mengatakan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjung tahun 2020 adalah perumusan perencanaan tahun keempat dari pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021 harus menjadi patron dalam perencanaan pembangunan daerah.

” Program dan kegiatan yang tertuang dalam Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Renja OPD) yang akan dimuat dalam Rancangan Awal RKPD tahun 2020 harus benar-benar telah mengacu dan mempedomani program prioritas dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 7Tahun 2016 tentang RPJMD tahun 2016-2021,” tambahnya.

” Sehingga capaian target pembangunan tahun 2020 yang telah kita rencanakan dalam RPJMD tersebut dapat diwujudkan,” sebutnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan capaian indikator makro pembangunan tersebut, maka tema pembangunan Kabupaten Sijunjung tahun 2020 yang telah diselaraskan dengan tema pembangunan nasional dan tema pembangunan Provinsi Sumatera Barat yakni Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia, Pengembangan Pariwisata dan Pemerataan Infrastruktur Untuk Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan Yang Berdaya Saing Tinggi”, sambungnya.

Terkait dengar tema pembangunan tersebut, maka fokus penggalian isu-isu strategis dalam forum konsultasi publik ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, Peningkatan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan.

Selanjutnya Pengembangan Geopark Silokek melalui penataan Kota Muaro Sijunjung RTH, normalisasi pertemuan tiga sungai batang palangki, ombilin, sungai batang sukam, perkampungan adat padang ranah sijunjung

Serta peningkatan sarana prasarana transmigrasi padang tarok, peningkatan sarana prasarana perkeretaapian, peningkatan sarana prasarana infrastruktur eksploitasi migas.

Kepala Bapppeda, Febrizal Ansori mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun aspirasi masyarakat terhadap tujuan sasaran dan program pembangunan daerah sesuai dengan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017 pada pasal 179.
” Melalui forum ini diharapkan akan
memperoleh masukan dalam merumuskan program prioritas daerah, penajaman target sasaran lokasi dan sasaran penerima manfaat sebagai mana yang telah dirumuskan dalam rencana awal RKPD tahun 2020,” tutupnya.noven@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.