Portal Kabupaten Sijunjung

Pengurus Organisasi Ikuti Sosialisasi Pelayanan Sosial

IV Nagari. MC. Sijunjung, – Sebanyak 93 pengurus berbagai organisasi dalam Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung, mengikuti sosialisasi pelayanan sosial korban tindak kekerasan terhadap perempuan, di Unit Daerah Kerja Pemerintah (UDKP) kecamatan tersebut, Kamis (11/7).

Sosialisasi yang diselenggarakan aparatur Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Sijunjung, dibuka oleh sekretaris DSP3A, Mukharlis. Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri Cama IV Nagari; Rahmat Ronaldi, walinagari dan nara sumber.

Pengurus berbagai organisasi yang  mengikuti sosialisasi, terdiri dari perangkat nagari, pengurus badan permusyawaratan nagari, pengurus kerapatan adat nagari, pengurus PKK dan Bundo  Kanduang nagari, pengurus majelis ulama Indonesia kecamatan, PKK dan Bundo  Kanduang kecamatan serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Petugas Sosial Masyarakat (PSM).

Mukharlis  mengatakan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan masalah sosial serius yang kurang mendapat tanggapan dari masyarakat. Penyebabnya, disamping karena ruang lingkup yang tertutup dan terjaga ketat privasinya (rahasia), persoalannya terjadi dalam area keluarga. Selain itu, KDRT sering dianggap wajar, karena dipahami bahwa memperlakukan isteri sekehendak suami merupakan hak suami sebagai pemimpin dan kepala rumah tangga.

Menurut Undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, memiliki arti setiap perbuatan terhadap seseorang, terutama perempuan yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik.

Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan, negara mempunyai tanggungjawab untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk mewujudkan kehidupan yang layak dan bermartabat serta untuk memenuhi hak atas kebutuhan dasar warga negara demi tercapainya kesejahteraan sosial, negara menyelenggarakan pelayanan dan pengembangan kesejahteraan sosial secara terencana, terarah dan berkelanjutan. Salah satu diantaranya adalah pelayanan sosial korban tindak kekerasan terhadap perempuan.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyalahgunaan Nafsa dan Lansia DSP3A Kabupaten Sijunjung, Mukhaimis Basir, selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan sosialisasi dalah untuk meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan pelayanan masyarakat terhadap korban tindakan kekerasan.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, nara sumber yang menyajikan materi dalam sosialisasi, Kabid Rehsos Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat; Suyanto, penyuluh Agama Islam Fngsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung; H. Iskandar dan anggota unit PPA Satuan Reskrim Polres Sijunjung; Bripda Nina Setia Dewi.

Untuk kelancaran penyelenggaraan sosialisasi, disamping alat tulis, peserta juga diberi snag, makan siang dan uang transportasi, jelas Mukhaimis Basir. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.