Portal Kabupaten Sijunjung

PERBANYAK BERDOA DALAM RAMADAN

Dalam ceramah Ramadan, di Masjid Jamik Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Selasa (29/5) malam, ustad Masril, S. Ag mengimbau jemaah masjid supaya memperbanyak doa dalam Bulan Ramadhan, karena Ramadhan satu dari beberapa waktu yang sangat baik untuk berdoa, bermohon dan meminta kepada Allah SWT.

Menurut ustad Masril yang sehari-hari bertugas sebagai guru agama SMPN 33 Kabupaten Sijunjung, ada beberapa waktu yang sangat baik untuk berdoa. Yaitu antara azan dengan qamat, hari Jumat, sepertiga malam setelah menunaikan Shalat Sunah Tahjud serta dalam bulan suci Ramadhan.

Namun, supaya doa, permohonan dan permintaan dikabulkan (dijaba) oleh Allah SWT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya selaku umat Islam yang berdoa, patuh dan taat kepada perintah dan larangan Allah SWT, beriman dan meyakini dengan sebenar-benar yakin bahwa Allah maha pengasih, penyayang dan permurah serta maha mengetahui. Syarat lain,  iringi doa, permohonan dan permintaan yang diucapkan dengan usaha dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Kita berdoa, bermohon dan meminta kepada Allah SWT agar dimudahkan rezki. Tapi kita tidak berusaha. Kerja kita hanya berdoa serta tidur dan berleha-leha. Yah mana mungkin rezki kita dimudahkan oleh Allah SWT karena kita tidak ada usaha.

Karena itu, supaya doa, permohonan dan permintaan kita dikabulkan oleh Allah SWT, iringi doa itu dengan usaha. Artinya, kerjakan usaha yang kita tekuni dengan serius dan sungguh-sungguh, apa pun bentuk usaha itu. Baik bertani dan berdagang mau pun bertenun dan kuli bangunan,” kata ustad Masril.

Bila doa, permohonan dan permintaan yang disampaikan kepada Allah SWT  sudah memenuhi syarat dan telah diiringi dengan usaha, Insyaallah Alah akan mengabulkannya. Karena Allah maha pengasih dan penyayang serta maha pemurah.

Namun berdoa, bermohon dan meminta tidak semudah membalik telapak tangan. Ada yang dikabulkan langsung oleh Allah SWT, ada yang dikabulkan beberapa bulan dan tahun kemudian, ada yang diganti Allah dalam bentuk lain.

Namun yakinlah. Setiap doa, permohonan dan permintaan yang disampaikan kepada Allah SWT,  asal syaratnya terpenuhi serta diiringi dengan usaha dan kesungguhan, Insyaallah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

“Justru itu, perbanyaklah berdoa di bulan suci Ramadhan ini. Karena disamping bulan keberuntungan, Ramadhan juga sarat dengan kebaikan, sehingga juga disebut bulan penuh rahmat dan berkah,” kata ustad Masril[email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.