Portal Kabupaten Sijunjung

PERTEMUAN SOSIALISASI DAN ADVOKASI, BAHAS KAMPANYE IMUNISASI MR

Imunisasi merupakan salah satu program yang masuk dalam proyek nasional kesehatan, tujuannya adalah untuk menurunkan angka kesakitan, kematian serta kecacatan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Indikator keberhasilannya dengan melihat cakupan dasar lengkap di setiap wilayah, yakni ditargetkan minimal 95%.

Untuk mencapai target tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung mengadakan pertemuan advokasi dan sosialisasi kampanye imunisasi MR ( Campak dan Rubella), Kamis, (5/7) di Hotel Bukik Gadang.

Kegiatan dihadiri unsur Forkopimda, OPDterkait, instansi vertikal, organisasi wanita, serta organisasi kemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinkes, drg.Ezwandra, M.Sc menyebutkan pertemuan ini dalam rangka menyamakan persepsi dalam pelaksanaan kampanye MR.

” Rencana kegiatan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 untuk anak-anak usia 9 bulan sd 15 tahun pada sekolah-sekolah dan Paud,” ujarnya.

” Dilanjutkan pada bulan September dilaksanakan di posyandu dan pusat kesehatan di masyarakat bagi anak yang belum/tidak bersekolah. Imunisasi diberikan dalam bentuk injeksi pada bahu kanan/kiri bukan tetes,” lanjutnya.

” Selain itu pertemuan ini mengajak peserta untuk mengadvokasi masyarakat bahwa vaksin yang didistribusikan di institusi pemerintah Kabupaten Sijunjung telah dijamin keamanannya, artinya merupakan vaksin asli,” tegasnya.

Hal ini disebabkan masih ditemukan mosi tidak percaya pada imunisasi dan banyaknya pihak yang menyebarkan bahwa imunisasi memberikan dampak yang tidak baik serta mengandung zat-zat yang diharamkan oleh agama.

” Dalam memberikan injeksi nantinya, kami akan menurunkan petugas lapangan yang profesional yang telah memiliki sertifikat lulus kompetensi dan surat izin, artinya petugas yang telah memiliki legalitas,” tambahnya.

Kemudian pertemuan dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan narasumber, dr. Riri Dwipinta Sari, Sp.A, M.Biomed serta diskusi dengan moderator, dr.Mendro Suherman.-(Mega_Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.