Portal Kabupaten Sijunjung

PILIH PERGURUAN TINGGI YANG BISA MEMOTIVASI DIRI

Sehubungan dengan telah selesainya siswa kelas XII SLTA mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2018, tentunya banyak tamatan SLTA yang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

Berkaitan dengan itu, anggota DPRD Kabupaten Sijunjung; Sumanto, S. Pt, berharap jebolan SLTA itu mampu membaca, menganalisa,  memilih dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang bisa memotivasi mereka untuk berusaha sendiri. Dengan kata lain, jangan hanya menimbah ilmu untuk menjadi pegawai negeri.

Kalau setiap tamatan berbagai sekolah dan perguruan tinggi, selalu berharap menjadi pegawai, sementara peluang dan kesempatan sangat terbatas, yang akan terjadi di negara dan di daerah ini, adalah jejeran panjang pencari kerja yang klimaksnya semakin mempertinggi tumpuk dan jumlah pengangguran, kata Sumanto lewat telepon genggamnya, Minggu (22/4).

Sebagaimana yang selalu terjadi, setiap ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), jumlah yang melamar tidak sebanding dengan lowongan yang tersedia, sehingga pelamar yang tersingkir jauh lebih banyak dari yang diterima.

Tingginya angka pencari kerja serta tidak sebandingnya jumlah pelamar dengan peluang yang diperebutkan, satu bukti bahwa pertumbuhan penduduk tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Selain itu, tamatan berbagai sekolah, bahkan perguruan tinggi tidak punya nyali dan kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, motivasi mereka hanya menjadi pegawai. Pada hal peluangnya sangat sempit, bahkan teramat sempit.

”Justru itu, karena sekarang tamatan SLTA yang akan melanjutkan pendidikan cukup banyak, kita berharap mereka mampu membaca, menganalisa,  memilih dan melanjutkan pendidikan ke  perguruan tinggi yang bisa memotivasi untuk berusaha sendiri. Jangan hanya menimbah ilmu untuk menjadi pegawai negeri, karena peluang untuk itu sangat sempit, bahkan teramat sempit,” pesan Sumanto. [email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.