Portal Kabupaten Sijunjung

ROKOK ADALAH PEMBUNUH YANG SERING TIDAK DI SADARI MANUSIA

Menyadari akan zat bahaya yang terkandung dalam rokok, LPPL Radio Lansek Manih kembali mengudara dalam program Sijunjung Sehat dengan tema “berhenti merokok/smoking cessation” Pada kesempatan ini hadir dr.Yenny Putri Sp.P dari RSUD Sijunjung, Rabu (28/2) yang dimulai pada pukul 09.00 sd 11.00 WIB.


Pada dasarnya semua perokok pasti sudah mengetahui bahaya yang disebabkan oleh rokok. Beberapa penyebabnya adalah karena rokok mengandung berbagai zat berbahaya yang ketika rokok itu disulut, maka banyak zat kimia yang dihasilkan oleh asap rokok tersebut dan diantaranya menjadi penyebab berbagai penyakit kanker.

Selama ini hanyalah nikotin yang di salahkan sebagai zat berbahaya dalam rokok namun selain nikotin ada ribuan senyawa lain di rokok yang lebih berbahaya dari nikotin zat-zat lainnya berupa tar, karbon monoksida, zat Karsinogen, zat iritan dan zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam asap rokok, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya, hidrogen sianida (HCN) arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

Fakta tentang rokok yang selama ini jarang terungkap yaitu rusak gara–gara puntung rokok.
Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok jika ingin berhenti merokok kurangilah jumlah rokok secara drastis. Itulah hal yang harus diingat jika ingin berhenti merokok bahkan lebih baik jika kita melakukannya pada saat ini.

“Jika kita berfikir bahwa berhenti merokok hanya akan menyehatkan paru-paru saja maka kita salah, sebab berhenti merokok akan menyehatkan seluruh anggota tubuh. Saat kita berhenti merokok tanamkan pula gaya hidup sehat termasuk pola makan sehat dengan begitu maka racun rokok dalam tubuh akan hilang” imbau dr Yenny.(Dwita/yelmi-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.