Portal Kabupaten Sijunjung

Siaran Radio Lansek Manih 5 Hari 10 Kali Perhari 17 – 22 Juli 2019

PERINGATAN HARI KRIDA PERTANIAN KE 47 TAHUN 2019

 Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sijunjung agar datang menyaksikan puncak peringatan hari krida pertanian ke 47 tahun 2019 pada hari senin – rabu 22 – 24 Juli 2019  di Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.

Hari Krida Pertanian merupakan hari penghargaan kepada orang, keluarga dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan di sektor pertanian. Merupakan hari istimewa bagi para pelaku dalam bidang pertanian dimana dilakukan kegiatan kegiatan konsolidasi, pengembangandiri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan serta penghormatan dan penghargaan bagi para tokoh yang telah memberikan kontribusi demi berkembangnya sektorpertanian. Peringatan Hari Krida Pertanian ke 47 Kabupaten Sijunjung Tahun 2019 mengambil tema “SDM dan Infrastruktur menuju pertanian berdaya saing”

Puncak Peringatan Hari Krida Pertanian ke 47 di Kabupaten Sijunjung Tahun 2019 direncanakan berlangsung selama 3 (tiga) hari pada tanggal 22 – 24 Juli 2019 bertempat di areal kantor Dinas Pertanian Kabupaten SijunjungJ. Agus Salim No. 20 Muaro Sijunjung.

Kegiatan kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Krida Pertanian ke 47 di Kabupaten Sijunjung adalah :

  1. Acara Pembukaan Peringatan Hari Krida Tani

Acara pembukaan dilakukan di areal Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jl Agus Salim No. 20 Muaro Sijunjung, sekaligus membuka secara resmi Kontes Kerbau Rancak Tingkat Kabupaten Sijunjung dan Pameran Hasil Pertanian pada Hari Senin tanggal 22 Juli 2019.

Pada acara seremonial pembukaan ini juga dilakukan beberapa acara termasuk penganugrahan penghargaan atas prestasi pembangunan Pertanian dan pendistribusian bantuan antara lain :

  • Penghargaan ketenagaan dan kelembagaan penyuluhan Tingkat Kabupaten

Sijunjung

  • Penghargaan Petugas paramedis veteriner terbaik Tingkat Kabupaten Sijunjung
  • Pendistribusian bantuan alat mesin Pertanian dari Kementerian Pertanian
  • Pendistribusian Bantuan Motor untuk penyuluh
  • Pembukaan secara resmi Kontes Kerbau Rancak Tingkat kabupaten
  • Pembukaan secara resmi pameran Hasil Pertanian dan Gelar Teknologi
  • Launching Pelayanan Keswan Terpadu oleh Bapak Bupati
  • Minum susu untuk anak sekolah
  • Penerimaan mahasiswa magang Fakultas Kedokteran Hewan IPB

 

  1. Kontes Kerbau Rancak Tingkat Kabupaten Sijunjung

Merupakan ajang lomba ternak kerbau unggul se Kabupaten Sijunjung. Dilaksanakan selama 3 hari dari hari Senin – Rabu  tanggal 22 – 24 Juli 2019.

Lomba dilakukan antar kecamatan se Kabupaten Sijunjung. Kontes Kerbau Rancak dilaksanakan  di areal Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jl. Agus Salim No. 20 Muaro Sijunjung.

 

  1. Pameran Hasil Pertanian dan Gelar Teknologi Pertanian

Pameran Hasil dan GelarTeknologi Pertanian direncanakan diikuti oleh seluruh UPTD dan Balai Penyuluhan Pertanian lingkup Dinas Pertanian, OPD Terkait yang berminat (Dispaperi, Dinas Dagperinkop,  Pihak Swasta/sponsor). Pameran diadakan di areal Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jl. Agus Salim No. 20 Muaro Sijunjung pada tanggal 22 – 24 Juli 2019.

 

  1. Asah Trampil antar Kelompok Tani per kecamatan

Merupakan lomba asah trampil antar kelompok tani utusan dari masing masing BPP. Materi seputar pengetahuan kelompok tani mengenai peternakan dan kesehatan hewan. Asah Trampil diadakan pada tanggal 23 Juli 2019 di Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Jl. Agus Salim No. 20 Muaro Sijunjung.

 

  1. Cerdas Tangkas antar penyuluh

Merupakan ajang perlombaan kecerdasan dan ketangkasan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bagi penyuluh pertanian, baik yang PNS, THL TB maupun THL Daerah. Materi adalah pengetahuan seluruh aspek pertanian disertai lomba ketangkasan / ketrampilan aplikasi teknologi pertanian.  Cerdas Tangkas Penyuluh akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019

 

  1. Cerdas tangkas antar paramedis veteriner

Merupakan ajang perlombaan kecerdasan dan ketangkasan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bagi paramedic veteriner, baik yang PNS, maupun THL. Materi adalah pengetahuan seluruh aspek medis veteriner disertai lomba ketangkasan / ketrampilan praktek pelayanan kesehatan hewan, dilaksanakan padaa tanggal 23 Juli 2019

 

  1. Lomba tanam jajar legowo antar petani

Merupakan lomba ketrampilan menanam padi dengan metode jajar legowo antar petani, untuk melihat sejauh mana teknologi jajar legowo diserap oleh petani. Utusan petani per kecamatan dan lomba dilaksanakan di areal sawah pada komplek Dinas Pertanian padaa tanggal 23 Juli 2019.

 

  1. Lomba mengukir buah dan sayuran

Merupakan tindak lanjut dari pelatihan serupa yang telah diselenggarakan sebelumnya oleh Dinas Pertanian. Lomba akan diikuti oleh kelompok wanita tani/ PKK utusan dari setiap kecamatan. Dilaksanakan di Kompleks Dinas Pertanian, pada tanggal 23 juli 2019

 

  1. Launching Padi Lampai Kuning unggul

Merupakan peninjauan dan penyebarluasan pengetahuan mengenai padi Lampai Kuning yang sudah diperbaiki mutunya menjadi lebih genjah, lebih rendah dan produksi lebih tinggi. Pengunjung dapat melihat kronologis upaya perbaikan varietas tersebut dan dapat melihat langsung padi Lampai Kuning Unggul yang hamper panen di lokasi areal Dinas Pertanian sejak tanggal 22-24 Juli 2019

 

  1. Launching Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu

Merupakan pelayanan kesehatan hewan terpadu baik pengobatan, vaksinasi, sterilisasi, inseminasi buatan, pemeriksaan kebuntingan dan pelayanan lainnya yang diberikan gratis selama peringatan Hari Krida Pertanian pada 22-24 Juli 2019

 

  1. Lomba Olahraga dan Kesenian antar aparatur pertanian (antar bidang/uptd/bpp)
  • Solo song
  • Tarik Tambang
  • Pacu karung
  • Tangkelek Panjang
  • Memasukkan paku ke botol
  • Memasukkan belut ke botol
  • Joged balon

Dilaksanakan dalam rangka lebih menjalin keakraban antar aparatur pertanian baik yang berada di lapangan (penyuluh, paramedic veteriner maupun yang berada di Dinas). Lomba lomba ini akan dilaksanakan sebelum hari puncak, yakni pada tanggal 18 Juli 2019 di Lapangan Bola depan SD 13 Muaro Sijunjung.

 

  1. Field day panen demplot sayuran

Field day panen demplot sayuran yang ditanam di areal Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung direncanakan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2019.

 

Datang dan saksikan beramai ramai peringatan Hari Krida Pertanian ke 47 Tahun 2019 di Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung dan dapatkan informasi terkini di dunia pertanian untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Sijunjung

MuaroSijunjung,   Juli 2019

KEPALA DINAS PERTANIAN KAB SIJUNJUNG

dto

 

Ir. RONALDI

Pembina Utama Muda/ IV/c

NIP. 19680508 199303 1 006

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.