Portal Kabupaten Sijunjung

Sijunjung Dipercaya Menjadi Salah Satu Tuan Rumah Silek Art Festival 2019

Sijunjung, MC Sijunjung- Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat Dipercaya Menjadi salah satu tuan rumah dari lima Kabupaten/Kota yang dipercayai pada pergelaran silek Arts Festifal 2019.

Untuk Kabupaten Sijunjung, kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal pada tanggal 23 s/d 25 Agustus.

Pada kesempatan itu di buka secara resmi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin di tebek Kenagarian Sijunjung (23/8) , yang mana tempat tersebut menjadi tempat Bakau Adat bagi masyarakat.

Acara Diawali dengan makan bajamba dan dilanjutkan dengan pemulukan gong secara dimbolis oleh bupati Sijunjung.

Bupati Sijunjung Dalam Arahannya mengatakan Apresiasi, penghargaan terimakasih disampaikan pada
Direktur Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Cq melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat yang telah memberi kepercayaan
terhadap Pemerintah Kabupaten Sijunjung sebagai pelaksana kegiatan Silek Arts Festival Tahun 2019.

Semoga acara kita berjalan dengan baik, sehingga menghasilkan nilai-nilai budaya yang perlu kita lestarikan untuk kedepannya.

Kegiatan ini tentu menjadi Kebanggan dan wadah serta momen bagi kita untuk melestarikan budaya yang ada di kabupaten Sijunjung.

Untuk masyarakan dan panitia ia pesankan agar menjaga keamanan dan kenyamanan tamu-tamu kita yang datang dari luar kabupaten.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Gemala Ranti mengatakan Festival budaya secara konseptual berpotensi menjadi ajang untuk menguatkan karakter budaya bangsa.

Festival juga dapat menjadi wahana untuk menumbuh-kembangkan identitas budaya yang memperlihatkan bukan hanya keunikan melainkan juga ketersambungan daerah, memberikan lahan yang subur bagi tumbuh-kembangnya sinergi antarpemangku kepentingan, sehingga mendorong efisiensi penyelenggaraannya, “Jelasnya”.

Untuk itu ia berharap agar dapat merilis kembali warisan budaya sijunjung untuk di tetapkan budaya nasional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler dalam laporannya mengatakan Festifal (SAF) merupakan sebuah kegiatan pengembangan yang tergabung dalam platfrom merupakan sebuah inisiatif baru kementrian pendidikan pengembangan struktur hubungan antara penyelenggara kegiatan kebudayaan di Indonesia yang dibangun secara gotong royong.

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan secara bersama-sama UU NO.5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, mulai dari tingkat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan hingga ke tingkat Provinsi, Kabupaten , Komunitas serta
Pehiat Seni dan Budaya yang di awali dengan penyelenggraan festifal, “Jelas Ramler”.(Noven/Dicko-Kominfo@Sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.