Portal Kabupaten Sijunjung

Siswa Siswi dari 5 SMP Kunjungi Perkampungan Adat Sijunjung

Sijunjung, MC Sijunjung – Masih dalam tahap pengenalan tentang Geopark Silokek, kali ini Badan Pengelola (BP) Geopark Silokek bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung mengajak para siswa/siswi SMP untuk berkunjung ke perkampungan adat, Sabtu (20/4/19).

Menurut Sekretariat BP Geopark Silokek, kunjungan ini bertujuan untuk memberkan edukadi kepada siswa seperti apa kehidupan perkampungan adat.

” Sehingga mereka juga dapat memberikan informasi keluar melalui media sosial bahwa kita mempunyai perkampungan adat, budaya yang cukup bagus untuk diminati oleh wisatawan. Serta menumbuh kembangkan rasa memiliki, kita mempunyai aset yang cukup besar yang harus kita jaga dan lestarikan,” jelasnya.

“Perkampungan adat ini adalah salah satu bagian dari Geopark yaitu termasuk kultural/budayanya, dan untuk itu kita perlu pelajar untuk menggiatkan pelestarian ini,” sambungnya.

“ Kita memperkenalkan kepada anak kita supaya mengenal bagaimana adat budaya minangkabau dan harapan kedepannya mulai dari SD, SMP dan SMA sampai ke perguruan tinggi memahami bagaimana perkampungan adat, seperti apa kehidupan sehari-hari perkampungan adat, dengan harapan menumbuh kembangkan adat budaya minangkabau, disisi lain manfaatnya kita memberikan informasi kepada masyarakat luar yang berkeinginan berkunjung ke Sijunjung”, lanjutnya.

” Dengan itu kita bisa meningkatkan wisata untuk budaya itu sendiri, mudah – mudahan ini akan berlanjut sampai satu tahun kedepan,” harap Ridwan.

” Hari ini ada 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang melakukan kunjungan yakni SMP 9, SMP 20, SMP 16, SMP 26 dan SMP 28. Untuk Asal mula kegiatan ini yaitu dari Badan Pengelola Geopark yang ingin mengelola aset-aset hipertensi yang ada di Sijunjung dan harus dilestarikan dan dibudayakan untuk menarik perhatian masyarakat yang berkunjung ke sini,” tutupnya.(rara-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.