• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

SOSIALISASI PBI/JKN PROGRAM KIS DAN JKSS

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengadakan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada Wali Nagari Se-Kabupaten Sijunjung dengan Narasumber dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan dan BPJS Kabupaten Sijunjung Rabu (13/9) di Gedung Pancasila Muaro.

Dihadiri Camat se-Kabupaten Sijunjung, Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Laporan panitia disampaikan langsung Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Drs. Ahmattulah memaparkan tujuan dari kegiatan sosialisasi ini supayah masyarakat dapat mempergunakan kartu kesehatan dengan baik dan dapat melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai pemegang kartu kesehatan, Wali Nagari dapat mensosialisasikan pada masyarakat Nagari betapa pentingnya kartu kesehatan dan supaya tunggakan dibayar dalam memperpanjang kartu yang telah mati/kedaluarsa.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak suka dan dukanya yang dihadapi oleh masyarakat bukan saja di Kabupaten Sijunjung, tetapi sudah merambah masyarakat Internasional tentang kesehatan.

Pada umumnya, masyarakat juga kurang memperhatikan kesehatan dan kurang mau mengurus KIS, BPJS kesehatan dan jikalau sudah ada kartu dipergunakan saat sakit saja dan sesudah itu tidak dibayar lagi, oleh karena itu kita harus tahu Hak dan Kewajiban sebagai pemegang kartu kesehatan

Makanya hari ini kita lakukan sosialisasi PBI-JK yang akan disampaikan oleh Narasumber sesuai dengan bidang beliau masing-masing.

Acara sosialisasi dibuka oleh Staf Ahli Drs. Syarial, MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran peserta dalam rangka sosialisasi Pembayaran Bantuan Iyuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dan Program Kartu Indonesia Sehat (KIS) serta Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS).

Untuk mencapai Indonesia sehat Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui program PBI-JK, program KIS dan program JKSS telah memberikan beberapa kartu berobat gratis untuk berobat ke puskesmas maupun dirujuk ke Rumah Sakit, namun belum seluruh masyarakat miskin yang tergabung dalam Basis Data Terpadu (BDT 2005).

Beliau berharap kepada Wali Nagari setelah mengikuti sosialisasi ini agar dapat menyampaikan ke masyarakat terutama masyarakat miskin yang belum terlayani tentang kesehatan, baik yang memiliki kartu KIS Maupun kartu JKSS.

Kepada Dinas Kesehatan dan BPJS sebagai Narasumber berikan Informasi bagaimana pelayanan Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) dan pelayanan kartu BPJS dan berikan solusi terbaik untuk anggota yang masih banyak tunggakan pembayaran BPJS tersebut, tambah Ia. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

Leave a Reply