Portal Kabupaten Sijunjung

STAF AHLI BUKA BIMTEK PENELUSURAN SEJARAH NAGARI

Sebanyak 2sekretaris nagari dalam Kecamatan Kamang Baru, Tanjung Gadang, IV Nagari dan Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penelusuran sejarah tentang asal usul terbentuknya nagari, dari Selasa sampai Kamis (10-12/4), di Grand Liga Hotel Padang.

Bimtek yang diselenggarakan aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, dibuka oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setdakab Sijunjung, Hasmizon, SE, M. Si.

 Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadri kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsip Provinsi Sumatera Barat,  kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Drs. Darlias, nara sumber dan para undangan.

Disamping menguasai tugas dan tanggungjawab yang diemban, Staf Ahli Hasmizon juga mengatakan bahwa Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Darlias pejabat yang kreatif dalam memprakarsai dan menyelenggarakan kegiatan  untuk kemajuan daerah.

“Disamping menguasai tugas dan tanggungjawab yang diemban, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung juga pejabat yang kreatif dalam memprakarsai dan menyelenggarakan kegiatan  untuk kemajuan daerah.

Setelah menyelenggarakan berbagai Bimtek untuk kemajuan perpustakaan di sekolah dan di nagari, sekarang diselenggarakan Bimtek penelusuran sejarah tentang asal usul terbentuknya nagari  di Kabupaten Sijunjung,” kata Hasmizon.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, tujuan penyelenggaraan Bimtek supaya sekretaris nagari bersama ninik mamak bisa menelusuri, mengumpulkan, menghimpun dan menyajikan data sejarah tentang asal usul terbentuknya nagari  di Kabupaten Sijunjung.

“Agar tujuan tercapai, kepada seluruh peserta saya berharap mengikuti Bimtek dengan serius dan sungguh-sungguh supaya ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan dalam menyusun dokumen tentang asal usul terbentuknya nagari  sebagaimana mestinya dan menurut seharusnya,” harap Hasmizon.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung, Darlias selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan Bimtek agar sekretaris nagari bersama ninik mamak bisa menelusuri, mengumpulkan, menghimpun dan menyajikan data sejarah tentang asal usul terbentuknya nagari  di Kabupaten Sijunjung.

Supaya tujuan tercapai, nara sumber yang menyajikan materi dalam Bimtek, adalah pejabat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsip Provinsi Sumatera Barat, ketua LKAAM, dosen Universitas Andalas Padang serta ketua LKAAM dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung.

Selama mengikuti Bimtek, untuk peserta disediakan alat tulis, penginapan, konsumsi  snack dan piagam, jelas Darlias. [email protected]

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.