Portal Kabupaten Sijunjung

STAF AHLI KEMENPORA RI BUKA GALA DESA DI SIJUNJUNG

Staf ahli Kementrian Pemuda dan Olahraga, Dr. jonni Mardizal. MM membuka secara resmi Gala Desa di kawasan wisata pasir putih Nagari Silokek Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat, Senin (17/9).

Dalam arahannya ia menjelaskan Gala Desa merupakan salah satu program Ayo Olahraga dari Kemenpora, selain Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepak Bola Pelajar. Program ini sengaja dirancang untuk menambah kebugaran dan kesehatan dari masyarakat Indonesia.

” Selain itu kami juga ingin mencari bibit-bibit atlet usia dini dari seluruh kalangan masyarakat di pelosok desa yang berpotensi untuk dijadikan sebagai atlet profesional milik Indonesia,” tambahnya.

Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy mengatakan Pemerintah Kabupaten Sijunjung memberi apresiasi terhadap Kemenpora Republik Indonesia atas kepercayaan dan ditunjuknya Kabupaten Sijunjung sebagai pelaksana kegiatan Gala Desa 2018 ini.

” Seiring dengan kegiatan Gala Desa Kabupaten Sijunjung sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti pekan olahraga Provinsi Sumatera Barat yang ke XV dan mengirim cabang olahraga sebanyak 26 Cabor yang dilaksanakan pada bulan November di Kabupaten Padang Pariaman,” jelas Boy.

” Disamping itu 3 orang Atlit terbaik Kabupaten Sijunjung sudah membela Kontingen Merah Putih pada Asian Games 18 Jakarta Palembang kemaren dan mempersembahkan Medali perunggu pada Cabang Sepak Takraw dan 2 orang Atlit akan membela kontingen Merah Putih pada Asian Para Games Oktober nanti,” tambahnya.

” Mudah-mudahan pada kegiatan Gala Desa 2018 menjadi pemicu lahirnya atlit hebat dari Sijunjung untuk masa yang akan datang,” harap Boy.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Yofritas menjelaskan di Kabupaten Sijunjung ada 4 cabang olahraga yang dipertanggungkan yakni bola volly, sepak yakraw, atletik dan bulu tangkis, Pelaksanaan Gala Desa 2018 dikemas dalam bentuk Sport Tourism in yang mana Cabang Olahraga Sepak Takraw dilaksanakan di kawasan wisata alam Geopark Silokek.

“Sedangkan cabang olahraga Bola Volly dilaksanakan di Kawasan Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung dan Cabang Olahraga Atletik dan Bulutangkis dilaksanakan di GOR Sibinuang Sakti dan Lapangan M. Yamin, SH Kawasan Wisata Kota Nagari Muaro,” jelasnya.

” Kegiatan Gala Desa ini diikuti oleh 61 Nagari dan 1 Desa yang ada di Kabupaten Sijunjung yang pesertanya terdiri dari kategori pelajar dan umum, Kegiatan ini terlaksana atas kepercayaan Kemenpora Republik Indonesia yang menunjuk Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu Kabupaten/Kota dari 136 Kabupaten/Kota penerima kegiatan Gala Desa 2018 yang memperebutkan piala Kemenpora,” tuturnya.

” Kegiatan ini juga didukung Oleh Sponsorship Bank Central Asia (BCA) Pusat Jakarta, Bank Nagari Cabang Sijunjung dan BPOM Sumatera Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu yang di mulai pada minggu ke 3 Bulan September sampai dengan 4 oktober 2018”, tambahnya.

” Tujuan Kegiatan Gala Desa 2018 antara lain meningkatkan animo masyarakat untuk berolahraga sehingga masyarakat memiliki tingkat kebugaran yang tinggi dan meningkatnya produktifitas kerja, mencari bibit dan atlit yang potensial sehingga bisa mengharumkan kabupaten sijunjung kedepan dan meningkatkan kunjungan wisata ke kawasan wisata alam dan wisata budaya”, tutupnya.

Turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Ketua Koni Kabupaten Sijunjung, Camat Se Kabupaten Sijunjung, Wali nagari se kabupaten Siunjung dan undangan lainnya.(Noven/[email protected])

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.