Portal Kabupaten Sijunjung

TIM AHLI GEOPARK BERSAMA SMOB BERSEPEDA KE SILOKEK

Tim Ahli Geopark Ranah Minang pagi kemaren Sabtu, 03 Februari 2018 melakukan kegiatan bersepeda dengan rute menelusuri Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung. Dalam kegiatan bersepeda ini Tim Ahli Geopark didampingi oleh komunitas sepeda di Sijunjung yaitu Sijunjung Mountain Bike (SMOB). Enam orang tenaga ahli dari Universitas Andalas ini terdiri dari Dr. Febrin A.I, Prof. Abdul Hakam, Prof. Bambang I, Dr. Bayu, MT, dan Dr. Fauzan sengaja datang ke sijunjung dalam rangka melihat dan mensurvei awal kawasan Silokek yang selanjutnya akan dibuat desain dan perencanaan Geopark Silokek. Sejalan denga konsep geopark tim ahli ini bersama komunitas SMOB sengaja melakukan penelusuran dengan bersepeda agar sesuai dengan slogan olah raga yang ramah lingkungan.

Setelah start dari Gedung Pancasila Muaro Sijunjung perjalanan bersepeda langsung menuju arah kawasan Musiduga (Muaro Silokek Durian Gadang). Ahli-ahli geopark ini mulai berdecak kagum begitu melihat eksotisme kawasan Silokek ini. Kawasan ini memang cocok untuk dijadikan kawasan geopark, demikian diungkapkan Dr. Febrin. Hal ini tidak berlebihan karena di kawasan ini cukup lengkap obyek-obyek dan unsur-unsur geopark. Kawasan Geopark itu sendiri meliputi unsur geologi, flora fauna dan budaya lokal. Unsur-unsur tersebut semua ada di kawasan Silokek dengan geologi yang berupa tebing-tebing dan goa. Dari sisi flora dan fauna banyak yang unik dan spesifik di Silokek ini. Keaslian unsur tersebut masih terjaga dengan baik oleh kearifan dan budaya masyarakat setempat.

Pola pengembangan Geopark secara umum adalah tidak terlepas dari konsep konservasi dan edukasi. Dampak selanjutnya adalah tentu saja akan akan memacu tumbuhnya ekonomi kreatif di masyarakat. Sekretaris Daerah Sijunjung mentargetkan Silokek ini akan menjadi salah satu geopark nasional sejajar dengan dua geopark yang sudah ada yaitu Geopark Gunung Sewu di Gunung Kidul Yogyakarta dan Geopark Gunung Batur di Bali.

Setelah puas bersepeda rombongan istirahat di Ngalau Basurek untuk menikmati keindahan salah satu goa di kawasan Silokek ini dan kemudian dilanjutkan ke Pasir Putih. Segarnya udara dan sejuknya kawasan ini bersatu dengan suara gemericik air sungai Batang Kuantan membuat rombongan mau berlama-lama berada di Silokek. (@masPujek).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.