• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

TIM GAKY KABUPATEN SIJUNJUNG ADAKAN PERTEMUAN

Setelah pemantauan status gizi balita tahun 2016 di Kabupaten Sijunjung, terdapat balita stunting (pendek) salah satu dampak dari kekurangan Yodium, oleh karena itu perlu diadakan pertemuan guna membahas rencana kegiatan Tim Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) untuk pengawasan dan pemantauan terhadap peredaran garam beryodium di Kabupaten Sijunjung, Selasa (12/9) di Hotel Bukik Gadang Muaro.

Pertemuan ini dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Adlis, SE, MT dalam sambutanya berharap kepada Tim GAKY dan masyarakat di pasar termasuk pedagang garam di pasar semakin peduli terhadap garam yang di konsumsi maupun dijual, sehingga ke depan garam yang beredar garam yang beryodium.

Kepala Dinas Kesehatan Drg. Ezwandra, M.Sc menyatakan bahwa dengan masih banyaknya garam konsumsi masyarakat yang tidak sesuai dengan standar kesehatan sehingga dapat menimbulkan masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) yang berakibat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan Sumber Daya Manusia dimasa yang akan datang.

Garam beryodium adalah garam yang telah diperkaya dengan yodium sesuai SNI yang di butuhkan tubuh untuk membuat hormon yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan.

Kekurangan yodium berdampak buruk terhadap ibu hamil (abortus, kelaianan bawaan, lahir mati), Anak (pembesaran kel.gondok, gangguan fungsi mental, perkembangan fisik), Dewasa (pembesaran kel.gondok, hypotiroid, gangguan mental, cacat fisik dan mental).

Untuk itu perlu kita bentuk Tim yang melakukan pengawasan ke toko-toko ataupun ke pasar-pasar di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung, pengawasan insyallah dilakukan awal bulan Oktober mendatang, tambah Dia (Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id

Leave a Reply