Portal Kabupaten Sijunjung

Tim Penilai Nagari Disambut Hangat Di Aie Angek

Aie Angek. MC. Sijunjung, – Tim penilai nagari berprestasi Kabupaten Sijunjung disambut hangat oleh berbagai pihak saat menilai Nagari Aie Angek, Kecamatan  Sijunjung, Selasa (19/3).

Tim yang diketuai Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung,  Khamsiardi, SSTP, M. Si, tidak hanya dinanti oleh Sekretaris Camat, Elko Febri Marola bersama Forkopimcam, anggota DPRD Nasri, ketua TP PKK kecamatan Mulida Gitasari,

kepala dinas/instansi kecamatan dan walinagari se-Kecamaan Sijunjung, tapi juga dutunggu oleh ninik mamak, malin, dubalang, monti dan bundo kanduang yang mengenakan pakaian kebesaran masing-masing.

Para pemangku adat itu berjejer panjang bersama pengurus dan anggota PKK kecamatan dan nagari, kader Posyandu serta masyarakat yang cukup ramai, di pinggir jalan yang dilalui tim penilai saat menuju gedung SDN 15 Aie Angek, tempat pembukaan dan pelaksanaan penilaian.

Selain pejabat kecamatan, pemangku adat, pengurus dan anggota PKK, kader Posyandu serta masyarakat yang cukup ramai, tim penilai nagari berprestasi yang beranggota 19  orang, juga disambut dengan tari galombang dan siriah di carano oleh murid SDN 24 Aie Angek, di simpang jalan kabupaten dan diarak menuju SDN 15 dengan iringan kesenian tradisional talempong. Sesampai di halaman SDN 15, tim disambut lagi dengan marching band oleh grub dramband SDN 15.

“Kami sangat tersanjung dan bangga dengan penyambutan yang luar biasa ini. Ramainya berbagai pihak, pemangku adat dan berbagai unsur masyarakat yang menghadiri penilaian nagari, satu bukti bahwa masyarakat Aie Angek bersatu padu dan seiya sekata dalam membangun nagari. Untuk itu, kami tim penilai mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang luar biasa ini,” kata ketua tim penilai, Khamsiardi.

Selain menjelaskan indikator yang dinilai dan tujuan penilaian, dalam kesempatan itu Khamsiardi juga berharap dan mengimbau masyarakat Aie Angek agar menggiatkan Dasawisma dan berperanserta dalam pengembangan Geopark Nasional  Silokek, karena geopark itu bukan hanya di Silokek, tapi di seluruh Kabupaten Sijunjung. Apa lagi Nagari Aie Angek juga  memiliki objek wisata kolam pemandian Aie Angek dan Ngalau Lagung.

Masyarakat diimbau dan sangat diharapkan menggiatkan  Dasawisama, karena Dasawisma sebagai kelompok terkecil dari PKK, memiliki peran strategis dalam mewujudkan ketahanan keluarga sejahtera.

Peran Dasawisma yang selalu proaktif sebagai unit terkecil gerakan PKK, dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau berinovasi dan mengubah keadaan kepada yang lebih maju.

Disamping itu, Dasawisma juga berperan dalam mendukung kegiatan pemerintah, sehingga dengan adanya Dasawisma, penduduk dalam satu jorong, RW dan RT tercatat secara akurat, sehingga memudahkan pelaksanaan sesnsus penduduk, jelas Khamsiardi. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.