Portal Kabupaten Sijunjung

Tim Sumbar Nilai Karang Taruna Pamuatan

Pamuatan. MC. Sijunjung, – Dari 60 Karang Taruna di Kabupaten Sijunjung, Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo Nagari Pamuatan, Kecamatan Kupitan terpilih sebagai terbaik pertama pada 2019 ini.

Atas keberhasilan yang diraih, Karang Taruna yang diketuai Rosman Nanin, dipercaya mewakili Kabupaten Sijunjung dalam mengikuti pemilihan Karang Taruna terbaik tingkat Provinsi Sumetera Barat.

Setelah Rosman Nanin mengekspos profil, struktur, motto, visi dan misi serta program kerja dan kerja yang terealisasi, di hotel Roky Padang, 20 Mei lalu, Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo berhasil masuk lima besar.

Guna mencari terbaik I, II dan III, Jumat (5/7) dilakukan penilaian lapangan oleh tim Provinsi Sumetera Barat yang diketuai M. Sampurno dengan anggota Mayarizal, Ronaldi Latif dan Ando.

Usai pembukaan di gedung pertemuan Pamuatan, penilaian lapangan yang dilakukan tim, antara lain meninjau Kantor Karang Taruna, mencek administrasi dan dokumentasi, meninjau lubuk larangan yang merupakan usaha ekonomi produktif, meninjau Masjid Amalia Pamuatan yang dibantu Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo dengan dana yang dihimpun Rp25 juta serta meninjau rumah penduduk yang dibuatkan WC oleh Karang Taruna.

Penilaian lapangan ini dihadiri Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Sijunjung; Yofritas, Sekretaris  Camat Kupitan; Adri, petugas Program Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), walinagari, tokoh dan pemuka masyarakat Pamuatan serta segenap pengurus dan anggota Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo.

Kepala DSP3A Yofritas berharap Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo tidak hanya terbaik di tingkat Kabupaten Sijunjung, tapi juga di tingkat Provinsi Sumetera Barat dan tingkat nasional.

“Setelah dilakukan evaluasi dan penilaian, pada tahun 2019 ini, Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo Nagari Pamuatan, terpilih sebagai terbaik pertama. Namun kami berharap Karang Taruna yang diketuai bapak Rosman Nanin ini tidak hanya terbaik di tingkat Kabupaten Sijunjung, tapi juga di tingkat Sumbar dan  nasional,” harap Yofritas.

Sementara ketua tim penilai, M. Sampurno mengatakan, aspek yang dinilai dalam pemilihan Karang Taruna terbaik cukup banyak. Diantaranya kekompakan dan kebersamaan pengurus dengan anggota, peran Karang Taruna dalam memajukan  pembangunan yang bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, upaya yang dilakukan terhadap pemuda agar terhindar dari kenakalan, seperti berjudi dan penyalahgunaan narkoba serta aspek pemberdayaan anggota dalam usaha ekonomi produktif.

Terkait dengan penilaian itu, prinsip yang dikedepankan dan dipegang teguh oleh tim penilai provinsi, tidak akan mengalahkan yang menang dan tidak akan memenangkan yang kalah.

Artinya, kalau Karang Taruna Ranah Tanjuang Bungo terbaik dalam penilaian tim, ya Karang Taruna inilah yang akan mengikuti pemilihan Karang Taruna terbaik di tingkat nasional, jelas ketua tim penilai, M. Sampurno. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.