Portal Kabupaten Sijunjung

Tradisi Membantai di Lubuktarok Sijunjung, Daging Kerbau Itu Dilelang

Lb.Tarok.MC Sijunjung – Banyak cara dilakukan warga Jorong Kototuo, Nagari Lubuktarok, Kecamatan Lubuktarok, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ini menghimpun dana untuk pembangunan surau. Salahsatunya menyembelih kerbau dan dagingnya dilelang.

Tak percaya? Lihatlah saja pada Selasa (4/6/2019) pada H-1 jelang lebaran menyembelih kerbau merupakan tradisi di Lubuktarok untuk menghimpun dana.

Setelah disembelih, tulang-tulang dan isi dalam kerbau dilelang. Begitu juga dagingnya ditumpuk dan dijual pada cucu kemanakan. Lelang mulai dari Rp65 ribu hingga capai Rp270 ribu. Sedangkan daging yang ditumpuk harganya mencapai Rp400 rubu/onggok.

“Hasil lelang dimanfaatkan untuk kelanjutan pembangunan surau dari kita untuk kita,”kata Hendranadi Ketua Panitia Pembangunan Surau didampingi Damir Pandito Rajo dan urang sumando Yuswardi Bagindo Bosa pada awak media Selasa (4/6/2019) disela-sela kegiatan.

Pada hari itu warga Lubuktarok berbondong-bondong datang membeli daging kerbau yang sudah disembelih itu. Setidaknya ada kisaran 60 tumpuk daging untuk disiapkan dibagi pada cucu kemenakan mereka. Dari satu tumpuk (onggok) bisa dibagi empat kepala keluarga, yang berat satu onggok bisa mencapai 3,8 kilogram setelah ditimbang.

Daging disembelih ninik mamak itu terasa manis bila sudah dimasak. Tradisi menyembelih hewan ternak itu sudah turun temurun. Proses penyembelihan hingga berbagi daging itu mencapai 4 jam. Selamat Idul Fitri Minal Aizin Walfa Izin. dinda/saptarius@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.