Portal Kabupaten Sijunjung

Transformasi Rastra ke BPNT Untuk Sijunjung Digulir pada Agustus 2019

Muaro.MC Sijunjung – Sebanyak 10.760 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat bakal dapat kucuran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Insya Alloh bantuan tersebut berupa Transformasi Rastra ke BPNT Untuk Sijunjung direncanakan digulir pada Agustus 2019 mendatang,”kata Kepala Dinas Sosial Sijunjung, Yofritas, ST, MT kepada awak Rabu (12/6/2019) di Muaro Sijunjung.

Disebutkannya, untuk Kabupaten Sijunjung ada sebanyak 10.760 KPM penerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). “Bantuan tersebut diberikan berupa beras dan telor,”tambah Yofritas.

Dijelaskan Yofritas, program tersebut tersebut dari Kementerian Sosial (Kemensos) pengalihan bantuan beras sejahtera ( Rastra) menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan terjadi pada 2019.

“Nah, sejak April 2019  lalu program tersebut semuanya berubah menjadi BPNT. Untuk Kabupaten Sijunjung sendiri akan digulirkan pada Agustus 2019 untuk delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sijunjung,” ucap Yofritas.

Pengalihan itu, lanjut Yofritas, yakni bertujuan untuk mewujudkan 6T dalam menyalurkan bantuan. 6T yang dimaksud adalah Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, Tepat Harga, dan Tepat Administrasi.

“BPNT lebih mudah penyalurannya dan mencapai 6T lebih gampang daripada Rastra,”imbuh mantan Kadis Parpora Sijunjung itu.

Bahkan Yofritas mengingatkan agar semua instrumen penting peralihan dipersiapkan dengan baik, yaitu data, keberadaan e-Warung, dan semangat pemerintah daerah dalam mewujudkan penyaluran bantuan menjadi non tunai pada 2019.

“Saat ini penerima BPNT menerima Rp110 ribu setiap kali pencairan bantuan. Saat ini Dinas Sosial tengah mentransformasi penyaluran bansos Rastra menjadi BPNT,”tambah Yofritas optimis berhasil. Yola/Sap@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.