• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

UNIKNYA TRADISI MANDUNIE-DUNIE DI NAGARI PEMATANG PANJANG

Tradisi Mandunie-Dunie diadakan di Nagari Pematang Panjang, Sabtu (9/9). Acara ini diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Randai Bungo rampai Jorong Pondok Jago Nagari Pematang Panjang.

Mandunie-dunie ini adalah adat lama yang tidak dikenal lagi oleh masyarakat Pematang Panjang .

Dahulu acara Mandunie-Dunie ini merupakan ritual rasa syukur atau bahagia masyarakat karena telah mendapatkan panen yang meningkat.

Pawai yang dilaksanakan Kelompok Randai Bungo Rampai di arak dari Jorong Pondok Jago sampai ke kantor wali Nagari Pematang Panjang.

Pakaian pawai yang di pakai adalah simbol dari Mandunie-Dunie tersebut yaitu pakaian Bakampua Kain Panjang, Bakampua Ijuak, Bakampua Kaisiak dan ibu-ibu Manjujuang dulang yang berisikan nasi manih, lamang, nasi gadang, paniaram, nasi sadulang, dan menariknya lagi setiap dulang yang dijujuang para ibu berisikan selembar uang kertas dengan beragam nominal dari 20 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu.

Pada malam harinya Acara di tutup dengan makan lamang malam bersama sekaligus menyaksikan penampilan dari Grup Randai Bungo Rampai di saksikan oleh wali nagari dan masyarakat Pematang Panjang. (Dwita-kominfo)@sijunjung.go.id

Leave a Reply