Portal Kabupaten Sijunjung

Wabup Arrival Boy Ajak Masyarakat Nagari Palaluar Untuk Lestarikan Budaya

Palaluar, MC Sijunjung – Masyarakat Nagari Palaluar Kecamatan Koto VII tepatnya di Perkaulan Adat Pokan Akok, Jorong Bungo, Kabupaten Sijunjung menggelar acara Berkaul Adat turun ke sawah, Minggu (6/10/19).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sekali dalam setahun, dihadiri Wakil Bupati, Arrival Boy, Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD, Pj Wali Nagari beserta perangkat, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang.

Berkaul Adat merupakan tradisi turun temurun yang harus dilestarikan setiap akan memulai menanam padi. Berkaul adat juga dilakukan sebelum turun kesawah ini, tidak hanya memohon doa bersama untuk memulai turun kesawah saja, tetapi masyarakat juga meminta turun hujan dan dijauhkan dari hama dan penyakit juga sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah daerah.

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Arrival Boy juga memberikan hadiah kepada masyarakat yang mengikuti lomba lamang kreasi dengan 5 kategori salah satunya pemilihan lemang terunik.

“Dengan adanya acara berkaul ini, semoga hasil panen kita nantinya dilimpahkan oleh Allah SWT dan untuk selanjutnya mudah– mudahan masyarakat lebih komitmen dengan waktu yang telah ditentukan” ujar Boy.(Dwita/MC Sijunjung)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.