Portal Kabupaten Sijunjung

WORKSHOP ORIENTASI MEDIA, GUNA PARTISIPASI JURNALIS DALAM ISU SANITASI

Dalam rangka mempercepat akses sanitasi khususnya untuk Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Provinsi Sumatera Barat yang saat ini masih mencapai angka 77,73%, artinya sebanyak 22,27% masyarakat Sumbar masih Buang Air Besar Sembarangan, atau sebanyak 1.198.588 jiwa.
Untuk mewujudkan 100% stop BABS di Sumbar diperlukan komitmen yang kuat dari pemerintah untuk mewujudkannya.
Salah satu upaya tersebut, maka Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) dan Perkumpulan Keluarga Berencana (PKBI) Sumatera Barat, dengan dukungan SNV (organisasi pembangunan dari Belanda) tengah bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Sijunjung di berbagai program terutama di bidang sanitasi.
Diperlukan partisipasi jurnalis dan media dalam memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran multipihak terhadap permasalahan sanitasi di Sumbar, untuk itu LP2M mengundang jurnalis media di Sumbar terutama Kabupaten Sijunjung dan Padang Pariaman mengikuti Workshop Orientasi Media Dalam Isu Sanitasi, Rabu (15/8) di Pangeran Beach Hotel Padang.
Menurut Bambang Pujiatmoko dari SNV peran media sangat penting dalam mengangkat isu sanitasi saat ini. Sanitasi yang buruk memberikan dampak berbagai penyakit terutama diare dan menyebabkan stunting anak.
” Sanitasi adalah kehidupan, isu sanitasi bukan hanya menyangkut orang lain, tetapi menyangkut keluarga kita sendiri,” ungkapnya.
Selanjutnya workshop juga diisi pemaparan dari narasumber Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Drg. Ahmad Mardanus serta Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Lampung, Juendra Asdiyansyah. (Mega/Noven/Dicko-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.