• Subscribe

    Your Name (required)

    Your Email (required)

    Subject

    Your Message

(0754) 20064
[email protected]

WUJUDKAN TRANSPARANSI, DISKOMINFO SEGERA LUNCURKAN APLIKASI e-SPPD

Visi dan Misi Kabupaten Sijunjung yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021 menjadi dorongan kuat bagi Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinas Kominfo) Kabupaten Sijunjung untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang transparan melalui penerapan pemerintahan berbasis elektronik (e-Government).

e-Government merupakan salah satu hal yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik untuk mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam tata kelola aplikasi pemerintahan melalui penggunaan aplikasi-aplikasi.

Diskominfo mulai bergerak untuk membangun sistem informasi manajemen pemerintah daerah dan menyediakan layanan aplikasi yang bisa diimplementasikan pada setiap OPD yang ada. Dalam waktu dekat Dinas Kominfo akan meluncurkan aplikasi berbasis teknologi atau elektrik Surat Perintah Perjalanan Dinas (e-SPPD) untuk mempermudah pelaporan dan pemeriksaan anggaran perjalanan dinas.

Aplikasi ini dirancang dan diujicoba pada tahun 2015, saat masih dalam payung Dinas Perhubungan dan Kominfo. Setelah terjadinya perubahan SOTK menjadi Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo, aplikasi ini kembali dikembangkan berdasarkan kebutuhan OPD. Saat ini Dinas Kominfo sudah mulai menggunakan aplikasi e-SPPD dan terus melakukan evaluasi sebelum diaplikasikan oleh OPD lain.

Melalui aplikasi ini pengontrolan perjalanan dinas akan lebih efisien, transparan dan akuntabel sebagaimana yang diharapkan dalam good governance. Dengan adanya e-SPPD ini nantinya setiap pegawai yang melakukan pejalanan dinas harus di dahului dengan Surat Perintah Tugas (SPT) yang langsung ter-input ke sistem sehingga pegawai yang selesai melakukan perjalanan dinas bisa langsung membuat kwitansi dan laporan perjalan dinas dalam beberapa langkah.

(budhi)@sijunjung.go.id

Leave a Reply