Portal Kabupaten Sijunjung

FESTIVAL KULINER DAN ONE DAY NO RICE KABUPATEN SIJUNJUNG

Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Sijunjung yang ke-69 Dinas Pangan dan Perikanan mengadakan lomba Festival kuliner dengan bahan non beras dan non terigu serta One Day No Rice (satu hari tidak makan nasi)  di depan Kantor Dinas Kesehatan Kamis, (8/2).

Ada empat lomba masak yang dilaksanakan yaitu Lomba Cipta Menu B2SA ( Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) peserta 8 orang dari unsur kecamatan, Lomba Cipta Menu PMTAS ( Program Makanan Tambahan Anak Sekolah) 16 peserta dari Sekolah, Lomba Memasak Berbahan Baku Serba Ikan peserta 8 perkecamatan dan Lomba Pengolahan Pangan Lokal Utusan dari Binaan BPP ada 8 kelompok dan Lomba Olahan Pangan Lokal dari Kelompok Wanita Tani dan Pengolah Pemasar Perikanan ada 16 peserta. Jadi total jumlah keseluruhan ada 56 peserta.

Dan khusus untuk kelompok wanita tani dan kolompok pengolah pemasar  juga menyediakan konsumsi bagi peserta  yang mengikuti Acara Festival Lomba Kuliner dengan bahan berasal dari Non Beras dan Non Terigu.

Lomba ini mendatangkan juri dari PKK Kabupaten sijunjung, Dinas Kesehatan dan Chef Paray City Garden Hotel Sawahlunto.

Turut di hadiri Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri Muaro Kabupaten Sijunjung, Sekda Kabupaten Sijunjung, Kepala OPD Kabupaten Sijunjung, Ketua TP-PKK Kabupaten Sijunjung, , Ketua GOW kabupaten, Kepala Instansi Vetikal, dan seluruh ASN Kabupaten sijunjung.

Dalam sambutannya  Ir. Yulizar, MP  One day no rice pada prinsip disini bukan berarti tidak makan nasi dalam satu hari, tetapi mengurangi konsumsi nasi dan diganti dengan buah atau sayur yang ditujukan untuk membentuk atau mengubah perilaku karena selama ini kita beranggapan kalau belum makan nasi berarti belum di anggap belum makan, padahal sebenarnya kalori yang ada di nasi bisa digantikan dengan kalori yang berasal dari umbi-umbian atau dengan sayur dan buah.

Bupati juga menambahkan “untuk kedepannya kita harus membangun makanan yang beragam kemudian juga aman dan bergizi, ini adalah langkah-langkah dari pemerintah yang sudah merupakan suatu komitmen nasional”.

“Perlu diketahui Sijunjung untuk FOR IKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) dari Dinas Pangan dan Perikanan kita selalu mendapat juara umum untuk tingkat provinsi sumbar berturut – turut tiap tahunnya, hal ini terbukti dari pemberian kendaraan operasional kepada dinas pangan dan perikanan dari pemerintah pusat” ujar Bupati. (Dwita-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.